6 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

14 November 2014

Kulit putih adalah impian hampir setiap wanita dan bahkan laki-laki. Oleh karena itu, tak heran bila banyak orang mau merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kulit putih. Akan tetapi, di negara tropis seperti Indonesia ini sulit mewujudkan kulit putih. Pasalnya, cuaca dan sinar matahari yang terlalu panas bisa membuat kulit menjadi menghitam atau kecokelatan atau tidak merata. 

Banyak cara memutihkan kulit yang bisa Anda pilih. Mulai dari menggunakan krim pemutih hingga melakukan suntik putih. Tetapi, tak semua krim pemutih kulit aman bagi kulit Anda. Alih-alih ingin mendapatkan wajah putih, kulit Anda malah rusak. 

Tapi, tak usah khawatir sebab ada cara memutihkan kulit yang alami. Tentu saja, cara ini lebih aman dan terjangkau bukan? Yuk, coba! 


Pepaya

Pepaya bisa membuat warna kulit lebih cerah sebab mengandung pemutih alami. 

Anda bisa mendapatkan manfaat pemutih alami dengan memakan buah pepaya atau menggosokkan bagian dalam kulit pepaya ke muka. Setelah itu, biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan. 

Cara memutihkan kulit lainnya adalah mencampurkan pepaya halus dan secangkir jus lemon. Balurkan ke wajah dan leher dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air. Lakukan cara ini sekali seminggu.


Jeruk

Selain mengandung vitamin C, jeruk memiliki sifat yang dapat mencerahkan warna kulit Anda. 

Nah, cara memutihkan kulit dengan jeruk adalah mencampurkan jus jeruk atau perasan jeruk yang dicampur kunyit halus setiap hari. Lalu, oleskan campuran tersebut pada wajah hingga leher Anda sebelum tidur. Lakukan hal yang sama pada tangan dan kaki. Kemudian bilas esok harinya dan lakukan hal ini setiap hari.

Cara lainnya adalah menggiling kulit jeruk hingga halus. Lalu campurkan satu sendok makan kulit jeruk yang telah halus tersebut dengan satu sendok makan yoghurt. Oleskan campuran tersebut pada kulit Anda dan biarkan selama 15 – 20 menit, lalu bilas. 


Madu

Selain bisa memutihkan kulit, madu juga berfungsi sebagai pelembap dan menghapus bintik hitam bekas jerawat berkat sifat antibakteri yang dimiliki madu. 

Cara memutihkan kulit secara alami dengan madu adalah mengoleskan madu murni pada wajah, dan biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Hal ini berguna untuk membuang sel kulit mati dan membuat wajah lebih segar serta cerah. 

Selain itu, Anda pun bisa menggunakan masker madu. Caranya, campurkan satu sendok teh madu dengan perasan lemon, satu sendok makan susu bubuk, dan satu sendok teh minyak almond. Oleskan pada kulit dan diamkan selama 10 – 15 menit, lalu cuci dengan air biasa. Lakukan hal ini setiap hari untuk hasil yang maksimal. 


Lemon

Asam yang dimiliki lemon dapat bekerja sebagai pemutih alami untuk kulit. Selain itu, lemon mempunyai antioksidan yang baik untuk warna kulit. Caranya, gosokkan langsung potongan lemon pada kulit dan biarkan selama 1 jam atau lebih, lalu bilas dengan air.

Cara memutihkan kulit secara alami lainnya adalah mencampurkan 3 sendok teh perasan lemon dengan 1 sendok teh kunyithalus. Lalu oleskan campuran tersebut pada kulit dan biarkan selama setengah jam, kemudian bilas dan lakukan setiap hari. 

Oh ya, jika menggunakan lemon untuk masker, pastikan tidak ada luka terbuka karena dapat menimbulkan nyeri pada luka tersebut.


Lidah buaya

Lidah buaya dapat mengurangi hiperpigmentasi dan dapat mengembalikan warna asli kulit Anda. Hiperpigmentasi adalah salah satu penyebab warna kulit yang tidak merata. Nah, manfaat lain dari lidah buaya adalah membantu regenerasi sel-sel baru, menyamarkan bintik hitam,  dan membangun kembali jaringan kulit yang telah rusak. 

Anda bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai cara memutihkan kulit secara alami dengan memotongnya dan peras sepertijelly. Setelah itu, tempelkan lidah buaya pada muka Anda dan biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air dan lakukan hal ini 2 kali dalam sehari selama 2 minggu. 


Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang dapat mengikat kolagen dan memastikan bahwa kulit Anda tetap lentur. Mentimun juga memiliki efek pendingin pada kulit dan cocok untuk semua jenis kulit. 

Cara memutihkan kulit secara alami dengan memakai mentimun adalah menaruh irisan mentimun pada bagian kulit yang menghitam atau daerah kulit yang gelap dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air dan lakukan dua kali sehari. 

Cara lain adalah memarut mentimun dan mencampurkannya dengan madu untuk membuat masker. Oleskan masker pada wajah dan leher serta diamkan selama 15-20 menit lalu bias dengan air dingin.